LINGCHI

lingchi atau yang lebih dikenal sebagai death by a thousand cuts adalah salah satu teknik menyiksa yang digunakan bangsa china sejak abad ke 7 sampai dengan 1905. Seperti namanya, lingchi adalah proses berlarut-larut dan brutal, di mana seorang algojo akan memberikan serangkaian luka pada kulit korban. tujuan lingchi adalah hukuman yang panjang dan lambat, dimaksudkan untuk melihat berapa banyak luka yang bisa ditahan seseorang sebelum mati, atau hanya kehilangan kesadaran. hiii

walaupun tidak semua pelaku kejahatan menerima hukuman lingchi (lingchi adalah hukuman ‘spesial’ untuk kejahatan kelas berat seperti makar atau pembunuh berantai) tetap aja rasanya metode ini ga manusiawi, dari apa yang saya baca, biasanya korban diikat pada sebuah kayu dan mulai di kuliti hidup-hidup yang biasanya diawali dari area dada, dipotong dan di iris, sampai bagian tulang terlihat, dan begitu seterusnya.

dan seorang trader, biasanya ga sadar kalau mereka sedang ter-lingchi… padahal.. setiap pembelian saham yang kamu lakukan, kamu OTOMATIS RUGI sedikitnya 0.4% . fee broker.

hal ini biasanya dilupakan oleh trader, asik trading, beli-jual-beli-jual, kelihatannya cuan, tapi kok pas cuan capital ga naik signifikan, giliran pas ktmu cycle cutloss kok capital tergerus serius. jika kamu pernah merenungi hal ini, good. wajib di pahami dampak laten rugi fee plus cutloss saat market cycle sedang tidak mendukung!

jika anda merenungi pesan diatas, harusnya akan mempengaruhi system trading anda khususnya untuk area timing, ga perlu grusa grusuk masuk market saat periode koreksi, ga perlu memuji diri sendiri karena sudah cuan 10-15%… oh my, kalo cuma floating segitu, sekali goyang ama market juga ilang rek. bahkan floating 1-2% total capital kalo kena cycle koreksi bisa rugi plus fee guys. percaya deh.

contoh ya, saham A yang anda beli floating cuan 10%, maka asumsinya saham A bergerak naik di 2-4 candle terakhir. katakanlah lower sebelumnya menjadi stop anda, biasanya, paling kecil swing low itu berjarak sama 8%, tanpa chart saja saya bisa bayangkan kita harus nunggu saham A bkin swing low dlu lalu avg up saat making HH, profit taking? it’s way to soon. saham ini baru breakout, baru 127,2% projection lebih dikit. terlalu prematur untuk taking profit.

trend following? jika anda pakai ATR, saya yakin bahkan ATR line nya belum nembus harga beli anda, pakai moving average? baru 2-4 candle bray, masi di dasar swing low itu moving average anda.. pake chart hourly? ceritanya mampu berganti sistem kalo ganti sikon market? ngimpi!

lantas tau-tau market koreksi, anda mau take profit? mau intervensi trading plan? udah lah. ujungnya cutloss ini. atau anda memilih cut profit dan memupuk kebiasan jelek yang akhirnya membentuk habit melanggar trading plan? katanya mau disiplin.

itu kalo floating nya di satu saham, kalo ada 5-7 saham, bukan kena sekali iris, tapi 5-7 kali iris di area dada anda. mati kehabisan darah lu. let’s do the math. jika 100% capital terpakai, maka total rugi adalah 0,4% total capital plus % cut loss. berapa kali sebulan anda melakukan ini? 2? 3? makanya jangan kaget kok ga naik level

congrats guys, kita floating 3%….. oh F*ck off!

fyi, bahkan dalam kondisi market uptrend aja kita belum tentu cuan, apalagi market koreksi, yakin deh, ujungnya lu cuma bayar fee plus cut loss. dan kondisi market saat ini adalah kondisi yang menurut musti dihindari pemula.

jangan terbuai klaim grup telegram atau seleb-trader di stockbit, do not let internet rush you. no body share their failure. you have your own pace. santai aja.

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *